“ASN bukan pejabat yang minta dilayani, yang bergaya seperti pejabat kolonial dulu. ASN harus memiliki jiwa melayani untuk membantu masyarakat. ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama. Saat ini dunia menjadi serba hybrid, serba kolaboratif. Tidak boleh lagi ada ego, baik ego sektor, ego daerah, dan ego ilmu.”
JOKO WIDODO - Presiden Republik Indonesia
Berorientasi Pelayanan
Kami berkomitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat.
- Mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dengan proaktif.
- Memenuhi kebutuhan masyarakat dengan responsif.
- Melayani masyarakat sesuai tupoksi.
- Menyelesaikan keluhan masyarakat dengan pendekatan komunikasi yang persuasif.
- Menuntaskan semua pekerjaan.
- Mengucapkan salam dan sapa saat melayani.
- Menyediakan informasi yang aktual dan akurat.
- Melayani dengan standard yang sama kepada semua pihak, tanpa memandang kedudukan, jabatan, suku, agama, ras dan jenis kelamin.
- Memperbaiki tata kelola layanan manajemen ASN dengan inovatif.
- Menindaklanjuti setiap kritik dan saran.
- Melakukan benchmarking untuk mendapatkan wawasan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan.
Akuntabel
Kami mampu mengemban amanat dan kepercayaan yang diberikan dengan penuh tanggung jawab.
- Memenuhi janji dan komitmen.
- Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.
- Bertanggung jawab atas hasil kerja dan bersedia dievaluasi.
- Menolak segala bentuk gratifikasi, korupsi, kolusi, dan nepotisme.
- Memanfaatkan fasilitas BMN sesuai dengan peruntukannya.
- Mencari alternatif cara penggunaan sarana prasarana, bahan, dan alat kerja yang lebih hemat.
- Mengutamakan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi atau golongan.
- Mengambil keputusan dengan objektif saat terjadi konflik kepentingan.
Kompeten
Kami meningkatkan kompetensi diri dengan terus belajar.
- Meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri secara terus-menerus.
- Bertukar pikiran dan berdiskusi dengan rekan kerja, bawahan dan atasan.
- Belajar secara mandiri maupun kolaboratif dengan antusias.
- Memberikan kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapat.
- Membagikan pengetahuan dan pengalaman melalui diskusi, dialog dengan rekan kerja, bawahan dan atasan.
- Menyusun rencana kerja/aggaran dengan spesifik.
- Melaksanakan rencana kerja/anggaran sesuai target yang ditetapkan.
- Menjalankan seluruh peraturan manajemen ASN yang berlaku.
- Mengevaluasi peningkatan kinerja diri.
- Menyelesaikan masalah secara komprehensif dan tuntas.
Harmonis
Kami saling peduli, menghargai dan bertoleransi dengan perbedaan
- Berlaku adil kepada setiap orang tanpa memandang, kedudukan, jabatan, latar belakang, suku, agama, ras dan jenis kelamin.
- Menjaga hubungan yang baik dengan rekan kerja, atasan, bawahan dan stakeholder.
- Menghormati gagasan yang disampaikan orang lain.
- Membantu orang lain dengan responsif. kewenangan.
- Menyelesaikan konflik di antara rekan kerja, atasan dan bawahan dengan netral.
- Berinteraksi dengan rekan kerja, atasan dan bawahan dengan sopan dan menjunjung tinggi etika.
- Menghindari diskusi yang fokus pada perbedaan SARA.
Loyal
Kami berdedikasi tinggi terhadap kepentingan bangsa dan negara.
- Menghindari tindakan, ucapan, perbuatan yang menjurus pada radikalisme yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.
- Menyebarkan informasi yang mendukung keutuhan NKRI.
- Mencegah stuasi yang mengancam keutuhan NKRI.
- Bersikap dan berperilaku yang melindungi nama baik serta citra instansi.
- Melaksanakan keputusan pimpinan yang sesuai dengan norma dan ketentuan yang berlaku.
- Menyebarkan informasi positif tentang ASN, Pemimpin Instansi dan Negara.
- Menyimpan informasi rahasia dengan cara dan pada tempat yang aman.
- Membagikan informasi rahasia hanya kepada pihak yang berwenang.
- Mencegah situasi yang mengancam rahasia jabatan dan negara.
Adaptif
Kami siap menghadapi ataupun menjadi motor perubahan dengan terus mengasah kreativitas dan berinovasi.
- Menyesuaikan diri di berbagai lingkungan kerja.
- Beradaptasi dengan dinamika perubahan lingkungan.
- Menguasai dinamika perkembangan teknologi.
- Menyampaikan ide dan gagasan untuk kemajuan instansi dengan berani.
- Membuat inovasi yang mendukung tujuan instansi secara konsisten.
- Mengantisipasi permasalahan yang terjadi di masa mendatang dengan kritis.
- Menjalankan sistem kerja yang berbasis teknologi informasi.
- Mengidentifikasi potensi masalah dan solusinya.
- Menunjukkan keingintahuan yang tinggi terhadap hal baru.
- Memanfaatkan peluang untuk menghasilkan hal yang lebih baik.
Kolaboratif
Kami saling bersinergi dalam bekerja sama.
- Menerima pendapat dan saran dalam menyelesaikan pekerjaan.
- Memuji keunggulan dan prestasi orang lain.
- Membagi tugas, tanggung jawab, hak, dan kewajiban kepada setiap anggota tim kerja secara proporsional.
- Mengajukan diri terlibat dalam projek, secara sukarela.
- Bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam menyelesaikan pekerjaan.
- Mengakui saat berbuat kesalahan.
- Mendorong rekan kerja, atasan,dan bawahan untuk dapat terlibat aktif dalam pencapaian tujuan instansi.
- Membangun komunikasi yang efektif dalam berkoordinasi dengan tim kerja.
- Mengoptimalkan sumber daya yang mendukung pencapaian kinerja instansi.